BPJS Patient Satisfaction Reviewed Based on Nurses’ Caring

https://doi.org/10.52774/jkfn.v7i1.177

Authors

  • Yustina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon
  • Youla Agnes Lontaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon
  • Monica Sri Rejeki Suparlan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon

Keywords:

Nurse caring, Patient satisfaction, Hospital

Abstract

Perilaku caring perawat dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Perawat yang mempunyai kepedulian dalam memberikan asuhan keperawatan, memberikan rasa puas bagi pasien.  Pelayanan keperawatan pada rumah sakit menjadi posisi kunci dalam pelayanan karena dari segi jumlah, perawat merupakan tenaga kerja yang terbanyak yang menyediakan pelayanan 24 jam penuh tanpa henti. Oleh karena itu dibutuhkan pelayanan yang prima dari seluruh perawat di semua ruangan untuk terciptanya rasa puas dari pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Gunung Maria Tomohon. Populasi dalam penelitian yakni pasien BPJS sebanyak 923 pasien BPJS. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan sampel 100 responden, menggunakan rumus Slovin. Kriteria inklusi yakni seluruh pasien BPJS yang dirawat di ruang rawat inap yang telah dirawat setelah 3 hari atau lebih dan bersedia menjadi responden. Kriteria eksklusi yakni pasien umum dan pasien rawat jalan. Berdasarkan hasil uji statistic chi square diperoleh nila p = 0.001 (a<0,05) yang berarti terdapat hubungan yg signifikan antara caring perawat dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternativ (Ha) diterima. Temuan penelitian ini menunjukkan signifikansi hubungan antara caring perawat dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Gunung Maria Tomohon. Temuan dari hasil penelitian ini yakni jika caring perawat baik maka pasien akan merasa puas, demikian juga sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Imani, C. M. W., & Rahayu, P. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap 1 Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(2), 236–244. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30651/jkm.v7i2.14474

Apsari, A., & Wati, N. M. . (2023). Penerapan Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Mangusada Kabupaten Badung. Repository Stikes Wira Medika Bali, 1(9), 1–13. https://repository.stikeswiramedika.ac.id/590/

Asmirajanti, M. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bandung. Jurnal Inohim, 2(2), 140–144. https://inohim.esaunggul.ac.id/index.php/INO/article/view/112

Faridasari, I., Herlina, L., Supriatin, S., & Pirianiti, F. (2021). Hubungan Antara Caring Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan, 12(2), 137–144. https://doi.org/10.38165/jk.v12i2.252

Ginting, A. A. Y., Pakpahan, R. E., & Karo, M. B. (2022). Hubungan Caring Behavior dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKI) PPNI, 10(2), 385–392. https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.385-392

Handayani, G., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2024). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli Jantung RSUP Prof. dr. R. D. Kandou Manado. Kesehatan Tambusai, 5(1), 47–61. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.18008

Haskas, Y. (2021). Hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 296–299. https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/367

Indrawati, L., Meliyana, E., Malik, F. A., & Toko, S. O. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Hermina Galaxy. http://e-repository.stikesmedistra-indonesia.ac.id/xmlui/handle/123456789/501

Karo, M. B., Ginting, A., & Harefa, I. (2022). Perilaku Caring berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 11(4), 917–926. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32583/pskm.v11i4.1636

Langingi, A. (2022). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.57151/jsika.v1i2.43

Lesmana Iwan Setyo. (2021). Hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien [Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendikia Medika Pangkalan Bun]. https://repository.stikesbcm.ac.id/id/eprint/113/1/SKRIPSI revisi 09-04-21_2.pdf

Nurlette, N., Kadrianti, E., & Sabil, F. A. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(6), 841–847. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i6.725

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (Edisi 4). Salemba Medika. http://repository.stikesrspadgs.ac.id/377/1/0 Buku Manajemen-Mak 165 197.pdf

Rahmadewi, T. (2022). Hubungan Caring Perawat Anak Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Bangsal Cempaka RSUD Wates. 1, 19–21. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55426/ikars.v1i1.180

Rekam Medis RS Gunung Maria Tomohon. (2024). Data Pasien yang Berkunjung di RS Gunung Maria bulan Maret 2024. RS Gunung Maria Tomohon.

Santomauro, I., Bassi, E., Durante, A., Bracco, C., Busca, E., Caristia, S., & Dal Molin, A. (2024). Nurses’ Roles in Caring for Older People in Domiciliary Settings: A Scoping Review Protocol. Nursing Reports, 14(2), 744–752. https://doi.org/10.3390/nursrep14020057

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD (1st ed.). Penerbit Alfabeta. https://digilib.stekom.ac.id/ebook/view/Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-DAN-RND

Surya, N. A., Hastuti, M. F., & Winarianti. (2022). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pontianak. ProNers Untan, 7(2), 1–8. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v7i2.64119

Tandris, L. A., Kandou, G. D., & Doda, D. V. (2015). Analisis Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Manado Kelima faktor tersebut terdiri?: Tangible ( bukti fisik ) meliputi fasilitas fisik , kesehatan , Rumah Sakit merupakan bagian tingkat kepuasan pasien pada pelayanan satunya Badan L. JIKMU, 5(4), 345–353. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jikmu/article/view/7457

Tjiptono. (2014). Service management?: mewujudkan layanan prima (Edisi 2). Andi. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/202276/service-management-mewujudkan-layanan-prima

Vlasblom, J. P., Van der Steen, J. T., & Jochemsem, H. (2012). Spiritual care in a hospital setting: nurses’ and patients’ perspectives. Nursing Reports, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.4081/nursrep.2012.e7

Wuwung, E. C. Q., Gannika, L., & Karundeng, M. (2020). Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan (JKp), 8(1), 113–120. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v8i1.28419

Published

2024-06-29

How to Cite

Yustina, Lontaan, Y. A., & Suparlan, M. S. R. (2024). BPJS Patient Satisfaction Reviewed Based on Nurses’ Caring. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(1), 229–235. https://doi.org/10.52774/jkfn.v7i1.177

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.