BPJS Patient Satisfaction Reviewed Based on Nurses’ Caring
Keywords:
Nurse caring, Patient satisfaction, HospitalAbstract
Perilaku caring perawat dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Perawat yang mempunyai kepedulian dalam memberikan asuhan keperawatan, memberikan rasa puas bagi pasien. Pelayanan keperawatan pada rumah sakit menjadi posisi kunci dalam pelayanan karena dari segi jumlah, perawat merupakan tenaga kerja yang terbanyak yang menyediakan pelayanan 24 jam penuh tanpa henti. Oleh karena itu dibutuhkan pelayanan yang prima dari seluruh perawat di semua ruangan untuk terciptanya rasa puas dari pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Gunung Maria Tomohon. Populasi dalam penelitian yakni pasien BPJS sebanyak 923 pasien BPJS. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan sampel 100 responden, menggunakan rumus Slovin. Kriteria inklusi yakni seluruh pasien BPJS yang dirawat di ruang rawat inap yang telah dirawat setelah 3 hari atau lebih dan bersedia menjadi responden. Kriteria eksklusi yakni pasien umum dan pasien rawat jalan. Berdasarkan hasil uji statistic chi square diperoleh nila p = 0.001 (a<0,05) yang berarti terdapat hubungan yg signifikan antara caring perawat dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternativ (Ha) diterima. Temuan penelitian ini menunjukkan signifikansi hubungan antara caring perawat dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Gunung Maria Tomohon. Temuan dari hasil penelitian ini yakni jika caring perawat baik maka pasien akan merasa puas, demikian juga sebaliknya.
Downloads
References
Aisyah, S., Imani, C. M. W., & Rahayu, P. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap 1 Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(2), 236–244. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30651/jkm.v7i2.14474
Apsari, A., & Wati, N. M. . (2023). Penerapan Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RSUD Mangusada Kabupaten Badung. Repository Stikes Wira Medika Bali, 1(9), 1–13. https://repository.stikeswiramedika.ac.id/590/
Asmirajanti, M. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bandung. Jurnal Inohim, 2(2), 140–144. https://inohim.esaunggul.ac.id/index.php/INO/article/view/112
Faridasari, I., Herlina, L., Supriatin, S., & Pirianiti, F. (2021). Hubungan Antara Caring Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan, 12(2), 137–144. https://doi.org/10.38165/jk.v12i2.252
Ginting, A. A. Y., Pakpahan, R. E., & Karo, M. B. (2022). Hubungan Caring Behavior dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKI) PPNI, 10(2), 385–392. https://doi.org/10.26714/jkj.10.2.2022.385-392
Handayani, G., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2024). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli Jantung RSUP Prof. dr. R. D. Kandou Manado. Kesehatan Tambusai, 5(1), 47–61. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.18008
Haskas, Y. (2021). Hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 296–299. https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/367
Indrawati, L., Meliyana, E., Malik, F. A., & Toko, S. O. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Hermina Galaxy. http://e-repository.stikesmedistra-indonesia.ac.id/xmlui/handle/123456789/501
Karo, M. B., Ginting, A., & Harefa, I. (2022). Perilaku Caring berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 11(4), 917–926. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32583/pskm.v11i4.1636
Langingi, A. (2022). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.57151/jsika.v1i2.43
Lesmana Iwan Setyo. (2021). Hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien [Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendikia Medika Pangkalan Bun]. https://repository.stikesbcm.ac.id/id/eprint/113/1/SKRIPSI revisi 09-04-21_2.pdf
Nurlette, N., Kadrianti, E., & Sabil, F. A. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(6), 841–847. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i6.725
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (Edisi 4). Salemba Medika. http://repository.stikesrspadgs.ac.id/377/1/0 Buku Manajemen-Mak 165 197.pdf
Rahmadewi, T. (2022). Hubungan Caring Perawat Anak Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Bangsal Cempaka RSUD Wates. 1, 19–21. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55426/ikars.v1i1.180
Rekam Medis RS Gunung Maria Tomohon. (2024). Data Pasien yang Berkunjung di RS Gunung Maria bulan Maret 2024. RS Gunung Maria Tomohon.
Santomauro, I., Bassi, E., Durante, A., Bracco, C., Busca, E., Caristia, S., & Dal Molin, A. (2024). Nurses’ Roles in Caring for Older People in Domiciliary Settings: A Scoping Review Protocol. Nursing Reports, 14(2), 744–752. https://doi.org/10.3390/nursrep14020057
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD (1st ed.). Penerbit Alfabeta. https://digilib.stekom.ac.id/ebook/view/Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-DAN-RND
Surya, N. A., Hastuti, M. F., & Winarianti. (2022). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pontianak. ProNers Untan, 7(2), 1–8. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v7i2.64119
Tandris, L. A., Kandou, G. D., & Doda, D. V. (2015). Analisis Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Manado Kelima faktor tersebut terdiri?: Tangible ( bukti fisik ) meliputi fasilitas fisik , kesehatan , Rumah Sakit merupakan bagian tingkat kepuasan pasien pada pelayanan satunya Badan L. JIKMU, 5(4), 345–353. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jikmu/article/view/7457
Tjiptono. (2014). Service management?: mewujudkan layanan prima (Edisi 2). Andi. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/202276/service-management-mewujudkan-layanan-prima
Vlasblom, J. P., Van der Steen, J. T., & Jochemsem, H. (2012). Spiritual care in a hospital setting: nurses’ and patients’ perspectives. Nursing Reports, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.4081/nursrep.2012.e7
Wuwung, E. C. Q., Gannika, L., & Karundeng, M. (2020). Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan (JKp), 8(1), 113–120. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v8i1.28419
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Yustina, Youla Agnes Lontaan, Monica Sri Rejeki Suparlan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.