Effectiveness of Social Media & Animation Video Based Education Increasing Knowledge and Self Care Activity of Type 2 Diabetes Mellitus
Keywords:
Diabetes Mellitus, Media Sosial, Animated Video EducationAbstract
Diabetes Melitus Tipe 2 (DMT2) merupakan kondisi metabolik yang dapat menimbulkan berbagai masalah. Komplikasi diabetes merupakan penyebab kematian keempat di Indonesia, dan menempati urutan kedua di Kota Banda Aceh. Diharapkan kampanye edukasi menggunakan media sosial dan video animasi dapat mengarahkan pemahaman pasien tentang DMT2 dan meningkatkan aktivitas perawatan diri pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat efektivitas edukasi berbasis media sosial & video animasi terhadap peningkatan pengetahuan dan self care activity pasien Diabetes Tipe 2 Di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Quasi Experiment. Untuk mengumpulkan data, kami melakukan intervensi terhadap 30 partisipan di Puskesmas Banda Aceh dengan menggunakan teknik purposive sampling yang memenuhi kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan adalah DKQ-24 (Diabetes Knowledge Questionaire) dan Summary of Diabetes Self Care Activities (SDSCA). Data dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi, persentase, dan uji paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 86% peserta DMT2 memiliki tingkat pengetahuan yang baik setelah menerima paket edukasi, dan 88% memiliki aktivitas perawatan diri yang baik. Analisis lebih lanjut menemukan perbedaan yang signifikan dalam tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan paket edukasi, dengan nilai P sebesar 0,000. Terdapat pula perbedaan yang signifikan dalam aktivitas perawatan diri sebelum dan sesudah diberikan paket edukasi. Berdasarkan hasil temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan agar petugas kesehatan di Banda Aceh memberikan penyuluhan kepada pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dengan memanfaatkan berbagai media edukasi
Downloads
References
Ahmadi, F., Mulfianda, R., & Desreza, N. (2023). Pengembangan Mobile Health Berbasis Aplikasi Terhadap Tingkat Management Diet Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. Prosiding Semdi-Unaya (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unaya), 6(1), 322–331.
Alda, R., Mulfianda, R., & Desreza, N. (2024). Implementation Of The Plate Meal Method Towards Self-Management Of Type 2 Diabetes Mellitus Patients. Warmadewa Medical Journal, 9(1), 29-36.
Amanah, D. A. A., & Herawati, T. (2022). Pengaruh Telenursing Terhadap Quality Of Life (Qol) Pada Pasien Gagal Jantung: Literature Review. Journal Of Health And Cardiovascular Nursing, 2(1), 15–27.
Anugerah, R. B., Mulfianda, R., & Riza, S. (2023). Pengembangan Aplikasi Medication Reminder Control Berbasis Android Pasien Tuberculosis Di Kota Banda Aceh. Prosiding Semdi-Unaya (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unaya), 6(1), 358–366.
Chrysi, M., Vaidakis, D., Gamvrouli, M., & Kapritsou, M. (2022). Adaptation And Validation Of Diabetes Knowledge Questionnaire (Dkq-24 Item) Within Greek Population. Health & Research Journal, 8(2), 111–118.
Dewanti, G. P., & Masfuri, M. (2023). Literature Review: Effectiveness Of Digital Self-Reporting On Tuberculosis Treatment Completion Adherence. Journal Of Nursing Care, 6(1).
Erna, E., Mulfianda, R., & Desreza, N. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Diabetes Self Management Dengan Tingkat Stres Pasien Diabetes Melitus. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 9(2), 875–884.
Iskandar, I., Fani, F., Mulfianda, R., & Meutia, P. D. (2022). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Antara Metode Ceramah Dan Penggunaan Video Animasi Dalam Penyuluhan Kesehatan Hiv/Aids Pada Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 31–44.
Kemenkes, R. I. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.
Maulini, U., Mulfianda, R., & Riza, S. (2023). Hubungan Pengetahuan Diet Dan Dukungan Sosial Dengan Medikasi Pada Agregate Dewasa Dengan Diabetes Mellitus. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 9(2), 1053–1061.
Mulfianda, R., Desreza, N., & Munira, M. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Tentang Covid 19 Di Sd Negeri 2 Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(2), 243–254.
Mulfianda, R., Desreza, N., Rizki, K., Syam, R. A., Alda, R., & Vonna, R. D. (2023). Treatment Adherence In Patients With Diabetes Mellitus Type 2. Malahayati International Journal Of Nursing And Health Science, 6(3), 195–201.
Mulfianda, R., Keumala, A., & Riza, S. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Video Edukasi Melalui Whatsaap Terhadap Manajemen Diri Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Kota Banda Aceh. Mahesa: Malahayati Health Student Journal, 4(5), 1777–1784.
Mulfianda, R., & Masthura, S. (2023). Effect Of Diabetes Self-Management Education (Dsme) Method On Self-Care Behavior In Type 2 Diabetes Mellitus Patients. Jurnal Ilmu Keperawatan Medikal Bedah, 6(2), 115–123.
Mulfianda, R., Nursaadah, N., & Fitra, M. A. (2021). Efek Senam Kaki Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 1(3), 124–131.
Nurhaliza, S., Mulfianda, R., & Putra, Y. (2021). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Diet Pada Penderita Diabetes Melitus. Idea Nursing Journal, 12(2), 26–31.
Sabri, A., Sjattar, E. L., & Arafat, R. (2023). Efektifitas Media Video Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pasien Dalam Perawatan Kaki Diabetes. Journal Of Telenursing (Joting), 5(2), 2749–2760.
Susanto, Y., Lailani, F., Alfian, R., Rianto, L., Febrianti, D. R., Aryzki, S., Prihandiwati, E., & Khairunnisa, N. S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Pasien Diabetes Melitus Rawat Jalan Di Rsud Ulin Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 4(1), 88–96.
Syaipuddin, S., Suhartatik, S., Haskas, Y., Nurbaya, S., & Kasim, J. (2024). Efektivitas Program Metode Edukasi Audiovisual Tentang Penatalaksanaan Diri Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Perumnas Antang Makassar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1342–1351.
Winarni, E. W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Ptk, R & D. Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Khaira Rizki, Yadi Putra, Ulfa Mahira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.