Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19

https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i2.68

Authors

  • Kristia Novia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar
  • Febriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar
  • Winda Febriyanti Rampa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar

Keywords:

Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Era Pandemi, Covid 19

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan sistem online dan merupakan hal baru bagi mahasiswa dan dosen sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi, sehingga dapat membuat motivasi belajar mahasiswa menurun, untuk mempertahankan motivasi belajar mahasiswa, dengan cara menggunakan pembelajaran daring secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian non experimental dengan pendekatan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua mahasiswa/i STIK Stella Maris Makassar dengan jumlah 436 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan consecutive sampling dengan jumlah 78 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian diperoleh nilai p < a  yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa STIK Stella Maris Makassar. Oleh sebab itu, pembelajaran daring dengan menggunakan media pembelajaran seperti google classroom, zoom dan whatsapp yang dilakukan secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W., Sur, A., Hasanah, M., Mustofa, M. R., Akuntansi, P. S., Negeri, P., & Laut, T. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Analysis Of Students ’ Learning Motivation With Online Learning System During The Covid-19 Pandemic. 3(September).

Baber, H. (2020). Determinants of students' perceived learning outcome and satisfaction in online learning during the pandemic of Covid 19. Journal of Education and e-Learning Research, 7(3), 285-292.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132.

Nasrah., & Muafiah. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207-213.

Raharja et al. (2020). Exploring E-Learning Challenge During The Global COVID-19 Pandemic. Journal of Information System. 16(2). 57-65.

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning Dengan Google Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura?: Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118.

Simatupang.,Nova I.,Sitohang.,Sri R.I.,Situmorang.,Angelia P.,Simatupang.,Ismenny M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi COVID-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13 (2),197-203.

Published

2021-12-29

How to Cite

Novia, K., Febriyanti, & Rampa, W. F. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19 . Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(2), 73–77. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i2.68

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.