The Effect of Animated Video-Based Disaster Mitigation Education on Landslide Preparedness
Keywords:
landslide, education, preparedness, disaster mitigation, animated videoAbstract
Mitigasi bencana merupakan upaya yang dilakukan mengurangi resiko bencana dengan berbagai macam cara salah satunya edukasi. Pemberian edukasi disesuaikan dengan karakteristik penerima edukasi tersebut salah satunya siswa sekolah dasar. Siswa sekolah dasar merupakan kelompok rentan dengan karakteristik yang beresiko tinggi terkena dampak bencana, sehingga perlu mendapatkan edukasi mitigasi bencana dengan media yang sesuai yaitu video animasi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh edukasi mitigasi bencana berbasis video animasi terhadap kesiapsiagaan bencana longsor di SDN Peusar Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental non-equivalent control group, melibatkan 53 responden yang dipilih melalui stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental non-equivalent control group, melibatkan 53 responden yang dipilih melalui stratified random sampling. Dari hasil uji paired simple t-test didapatkan bahwa setelah diberikan intervensi dari 53 responden pada kedua kelompok mengalami peningkatan, pada kelompok kontrol dari 26 responden sebanyak 25 responden mengalami peningkatan kesiapsiagaan sedangkan pada kelompok intervensi dari 27 responden 24 mengalami peningkatan kesiapsiagaan bencana dengan nilai p-value = 0,00. Hasil uji paired t-test dan ANCOVA menunjukkan bahwa edukasi mitigasi berbasis video animasi secara signifikan meningkatkan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana tanah longsor (p < 0,05). Pemberian edukasi mitigasi bencana berpengaruh secara signifikan dengan media video animasi terhadap kesiapsiagaan bencana siswa.
Downloads
References
Aditiya, A., Tr Atmaja, H., & Luriawati, D. (2022). Animated Video Media for Flood Disaster Mitigation for Fifth Grade Elementary School Students. Journal of Primary Education, 11(2), 231–246. https://doi.org/10.15294/jpe.v11i2.52512
Aulia, V. P., Oktavia, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Mitigasi Bencana Pada Siswa Kelas Iii Sd. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(3), 79. https://doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3503
Caella, L. A., & Yulianto, S. (2024). The Effectiveness of Animation Video Media to Increase Interest and Learning Outcomes in Science Subjects. Journal of Research in Science Education, 10(9), 6621–6630. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i9.8445
Chazan, B. (2021). Principles and pedagogies in Jewish Education. In Principles and Pedagogies in Jewish Education. https://doi.org/10.1007/978-3-030-83925-3
Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Pelangkian Melalui Edukasi Dan Literasi Keuangan Pasar Modal Menuju Masyarakat Cerdas Berinvestasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1). https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i1.763
Fitri, T. R., Muthia, R., & Djamil, M. (2023). Pengetahuan Dan Sikap Kesiapsiagaan Anak Usia Sekolah Setelah Diberikan Simulasi Gempa Bumi. Jurnal Keperawatan Priority, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.34012/jukep.v6i1.3155
Genika, P. R., Luthfia, R. A., & Wahyuningsih, Y. (2023). Urgensi Pembelajaran Mitigasi Bencana terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3239–3246. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11503
Herviany, M., Delima, P. S., Nurhidayah, T., & Kasini, K. (2021). Perbandingan Algoritma K-Means dan K-Medoids untuk Pengelompokkan Daerah Rawan Tanah Longsor Pada Provinsi Jawa Barat. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.57152/malcom.v1i1.60
Ismawati. (2022). Pengaruh Edukasi Tentang Mitigasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Masyarakat Di Kelurahan Mahawu Kota Manado. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 291–292. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.10692
Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1
Nekada, C. D. Y., Christopher, C., Damayanti, S., Dewi, N. A. E., & Rahil, N. H. (2023). Edukasi Siswa Sekolah Dasar untuk Kesiapsiagaan terhadap Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Keperawatan, 15(2), 671–680. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.853
Pratama, A. R. S., Hamid, M. A., & Susilo, C. (2022). Pengaruh Edukasi Mitigasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tanah Longsor Pada Karang Taruna Kecamatan Binakal Bondowoso. http://repository.unmuhjember.ac.id/15002/
Rasdini, I. G. A. A., Wedri, N. M., & Amelia, A. (2021). The Effect of Using Comic Media Toward Students Preparedness in Encountering Landslide Disaster At Sdn 1 Sukawana Karangasem Regency. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 8(3), 173. https://doi.org/10.35842/jkry.v8i3.600
Setiawan, D. (2021). Analisis Curah Hujan di Indonesia untuk Memetakan Daerah Potensi Banjir dan Tanah Longsor dengan Metode Cluster Fuzzy C-Means dan Singular Value Decompotition (SVD). Engineering, MAthematics and Computer Science (EMACS) Journal, 3(3), 115–120. https://doi.org/10.21512/emacsjournal.v3i3.7428
Sitepu, D. R., & Afini, K. (2023). Pemodelan Media Edukasi Digital Sebagai Analisis Pembelajaran Biologi Menggunakan Video Anime Hatarakusaibou. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–12.
Tarigan, T. E. (2022). Analisis dan Mitigasi Bencana Longsor Akibat Cuaca Ekstrim di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Journal of Laguna Geography, 01(2), 9–16.
Yetti, D., Yelmi, H., Akbar, R., & Nofiar, A. (2025). The Effectiveness of English Animated Videos in Enhancing the Vocabulary. Journal of English Language and Education, 9(6), 70–76. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jele.v9i6.582
Zulfa, Vi. A., Widyasamrartri, H., & Kautsary, J. (2022). Mitigasi Bencana Berdasarkan Tingkat Risiko Bencana Tanah Longsor Studi Kasus : Lereng Gunung Wilis Kabupaten Nganjuk, Desa Sendangrejo Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dan Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 154–169. http://dx.doi.org/10.30659/jkr.v2i2.26532
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Aam Linda Nurfalah, Popon Haryeti, Ayu Prameswari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.