Adaptasi Mahasiswa Baru Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi dengan Pendekatan Teori Adaptasi Calista Roy
Keywords:
Adaptasi, Calista Roy, Mahasiswa Baru, Pandemi, Proses PembelajaranAbstract
Pandemi memberikan dampak besar dalam setiap lini kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan yaitu dengan berubahnya metode pembelajaran tatap muka menjadi daring. Mahasiswa baru dihadapkan pada proses belajar dan lingkungan baru. Kondisi tersebut menuntut mereka untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi mahasiswa baru terhadap pembelajaran daring selama pandemi melalui pendekatan teori adaptasi Calista Roy. Pendekatan adaptasi Roy sangat tepat digunakan untuk mengukur adaptasi mahasiswa dengan lingkungannya. Terdapat empat indikator adaptasi Roy yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fisiologis, konsep diri, peran, dan interdependensi. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif dengan pendekatan potong lintang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Median usia mahasiswa yaitu 18 tahun, dilihat dari jenis kelamin yaitu 40 (90,9%) responden dengan jenis kelamin perempuan dan 4 (9,1%) responden berjenis kelamin laki-laki. Mahasiswa dengan adaptasi adaptif sebanyak 37 (84,1%) dan mahasiswa yang mengalami adaptasi maladaptif sebanyak 7 (15,9%). Mahasiswa dengan adaptasi maladaptif agar mendapatkan pendampingan yang ada di universitas untuk meningkatkan adaptasinya.
Downloads
References
Adzkiya, A., & Soerjoatmodjo, G. W. L. (2019). Stereotipi Gender di dalam Pekerjaan. Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, 5(19).
Alligood, M. R. (2013). Nursing Theorists and Their Work. In Elsevier Mosby (Vol. 53, Issue 9).
Cousins, C., Servaty-Seib, H. L., & Lockman, J. (2017). College student adjustment and coping: Bereaved and nonbereaved students. OMEGA-Journal of Death and Dying, 74(4), 386–409.
Dinas Kesehatan Kota Palembang. (2021). Peraturan Walikota Palembang Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. https://dinkes.palembang.go.id/?nmodul=dokumen&id=162
Dowthwaite, L. (2018). Men and women experience happiness differently: Here’s why. The Conversation UK.
Evayanti, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Melalui Metode Daring (Online) Dalam Masa Darurat Covid-19. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/efektivitas-pembelajaran-melalui-metode-daring-online-dalam-masa-darurat-covid-19/
Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 30–39.
Hidayati, S. (2020). Kendala Yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Dalam Mengikuti Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Seminar Proposal Penelitian Selama Masa Pandemi Covid-19. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(1), 40–51. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2151
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). 1787-Article Text-7586-1-10-20180522. Bikotetik, 02(3), 73–80.
Ibrahim, J. (2021). Jika Tiada Kendala, Belajar Tatap Muka akan Diperluas. Pemerintah Kota Pontianak. https://www.pontianakkota.go.id/pontianak-hari-ini/berita/Jika-Tiada-Kendala,-Belajar-Tatap-Muka-akan-Diperluas
Ikatan Bidan Indonesia. (2016). Definisi Bidan. IBI. https://www.ibi.or.id/id/article_view/A20150112004/definisi.html
Karo, M. B., Simanullang, M. S. D., & Regina, M. (2020). Pengaruh Konseling Realita Terhadap Adaptation Dan Responsibility Mahasiswa Stikes Santa Elisabeth Medan Effect Of Counseling Reality To Adaptation And Pendidikan merupakan salah satu faktor pendukung proses keberhasilan pembangunan suatu Negara , dengan. JKSP, 3, 151–159.
Kementerian Kesehatan RI. (2021). Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. https://covid19.kemkes.go.id/dashboard/covid-19
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020a). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka dan dalam Jaringan Tahun 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/perkuliahan-dapat-dilakukan-secara-tatap-muka-dan-dalam-jaringan-tahun-2021
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020b). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Kristina, A. Y., Eva, N., & Bisri, M. (2018). Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang. Jurnal Sains Psikologi, 8(1), 187–192. https://doi.org/10.17977/um023v8i12019p187
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).
PISA. (2016). Results from PISA 2015: Indonesia. OECD Publishing, 1–8.
Putri, C. O. Y. (2020). Pembelajaran Daring, Efektif Gak Sih Buat Mahasiswa? https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/10/14/pembelajaran-daring-efektif-gak-sih-buat-mahasiswa/
Raharja, K. (2021). Dilema Belajar Tatap Muka. Republika.
Rahmadani, A., & Rahmawati, M. Y. (2020). Adaptasi akademik, sosial, personal, dan institusional?: studi college adjustment terhadap mahasiswa tingkat pertama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 159. https://doi.org/10.29210/145700
Rosramadhana, Febriansyah, A., Mairani, E., Prastika, M., Kusuma, N. D., Kasmawati, Aziza, N., Manalu, P., & Hapsari, G. J. (2020). Menulis Etnografi: Belajar Menulis Tentang Kehidupan Sosial Budaya Berbagai Etnis. Yayasan Kita Menulis.
Vionita, S., & Hastuti, R. (2021). Gambaran College Adjustment Mahasiswa Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 73–81.
World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19). https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/coronavirus-disease-covid-19
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Juanda Roki Saputra, Maria Tarisia Rini, Aniska Indah Fari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.